EkstrakurikulerEventPramuka

Pengukuhan Pramuka Garuda Ambalan Arjuna Srikandi SMA Negeri 1 Lumbang (SMANILUM)

Ambalan Arjuna – Srikandi Pramuka SMA Negeri 1 LUMBANG (SMANILUM) adalah salah satu peserta dalam pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Pasuruan – Korwil Timur di bawah bimbingan Kak Tiyo dan Kak Tiya. Pramuka Garuda sendiri adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Pengukuhan Pramuka Garuda ini di ikuti oleh semua tingkatan Pramuka se kabupaten Pasuruan.

Pada 30 Juli 2023 peserta yang mengikuti pengukuhan Pramuka Garuda menghadiri gladi pelantikan dan verifikasi data di lapangan Ahmad Yani Grati. Arjuna – Srikandi SMANILUM bersama orang tuanya mengikuti gladi pelantikan tersebut dengan khidmat.
Sebanyak 14 orang Ambalan Arjuna – Srikandi mengikuti pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Pasuruan – Korwil Timur pada 11 – 12 Agustus 2023 di lapangan Ahmad Yani Grati. Hari pertama semua peserta membangun tenda untuk mereka tempati nantinya dan mengikuti gladi upacara pengukuhan dilanjutkan dengan pentas seni yang wajib di ikuti semua peserta. Ambalan Arjuna – Srikandi sendiri menampilkan sebuah puisi berantai yang di bawakan oleh Siti Maimunah dan kawan-kawannya.
Hari kedua pengukuhan Pramuka Garuda di mulai dengan senam yang diikuti semua peserta juga panitia. Upacara pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Pasuruan – Korwil Timur dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pasuruan yang juga ketua Kwarcab Pasuruan KH. Abdul Mujib Imron atau kerap di sapa Kak Mujib. Pengukuhan Pramuka Garuda kali ini menganut tema “Menciptakan Bangsa yang tangguh dan menjadi teladan bagi masa depan Indonesia emas”. Di awal sebelum upacara berlangsung ada kirab kedatangan Kak Mujib ke tempat pelantikan. Ada banyak perwakilan berada di barisan depan dari setiap Kwaran, salah satunya Siti Maimunah Ambalan Srikandi SMANILUM. ” Sebelum saya menjadi perwakilan kwaran Lumbang, ada sedikit cerita waktu gladi upacara pengukuhan Pramuka Garuda yaitu ketika panitia menanyakan perwakilan Kwaran Lumbang dan saat itu semua peserta dari Lumbang binggung tidak tahu karena belum di pilih oleh ketua Kwaran Lumbang, dan saat itu saya memberanikan diri untuk mengangkat tangan dan menjadi perwakilan kwaran Lumbang”, kenang Muna, sapaan akrabnya.

Upacara berlangsung dengan khidmat tanpa ada kendala apapun, setelah dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda, semua peserta melakukan proses sungkeman pada orang tua mereka sebagai bentuk syukur dan terimakasih kepada orang tua mereka.
Lagu sayonara menjadi puncak pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Pasuruan – Korwil Timur berakhir dan mereka bersiap-siap kembali dan melanjutkan perjalanan dan perjuangannya untuk menumbuhkan tunas tunas muda yang baru. (Siti)